Thursday, July 5, 2012

Pedasnya Sambal Cibiuk Khas Garut




Menurut sumber yang tersebar di masyarakat Kecamatan Cibiuk, bahwa resep sambel Cibiuk dibawa dari Arab. Terlepas benar atau tidaknya, sambel yang dibuat di kecamatan cibiuk ini mempunyai perbedaan dengan sambal-sambal lainnya karena dibuat dari bahan: tomat hijau, serawung, cabe rawit dan bumbu lainnya. Cibiuk sendiri merupakan nama daerah di Garut yang terkenal dengan kelezatan sambalnya.

Sambal Cibiuk mulanya hanya disajikan bila ada tamu Istimewa atau Agung. Jaman dahulu sambal ini hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Cibiuk dan para pejabat saja, tetapi seiring perkembangan peradaban maka sekarang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Rumah makan sambal Cibiuk yang ada saat ini di Kecamatan Cibiuk adalah keturunan-keturunan langsung dari pemegang resep Sambal Cibiuk yang khas.

Dalam penampilannnya, sambal ini akan berwarna hijau karena bahan-bahan yang digunakan dominan berwarna hijau. Rasanya yang pedas dan khas akan menjadi favorit bagi pencinta sambal. Dalam variasi lain ada pula Sambal Cibiuk Merah yang menggunakan tomat dan cabe merah sebagai bahannya dan Sambal Cibiuk yang rasanya paling pedas.

Walaupun pedas tetapi tidak akan menimbulkan panas pada perut yang menkonsumsinya. Karena terkenalnya, maka sekarang restoran dengan menu sambel Cibiuk sudah ada di berbagai kota besar khususnya Bandung dan Jakarta. Keunikan Sambal Cibiuk ini terletak pada perpaduan antara cabai hijau,tomat hijau, kencur dan rempah lainnya. jadi bagi pecinta kuliner pedas hukumnya wajib mencicipi.

Untuk Anda yang suka dengan sambal dan ingin mencoba sambal yang unik, Saya sarankan anda buat mencoba sambal Cibiuk yang tersaji di Rumah Makan Cibiuk. Semoga anda akan puas dan ketagihan buat mencobanya. Restaurant guide jakarta

SUMBER

No comments:

Post a Comment